BUKITTINGGI. Dua ribuan petani anggota Serikat Petani Indonesia (SPI) yang berasal dari berbagai provinsi hadir dalam puncak peringatan perayaan Hari Lahir (harlah) SPI ke-14 di Jorong Sibaladuang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Minggu 15 Juli 2012. Acara ini juga dihadiri puluhan petani anggota La Via Campesina (Gerakan Petani Internasional) dari berbagai negara di belahan dunia yang sebelumnya mengikuti seminar dan lokakarya pembaruan agraria abad 21.

Acara ini dihadiri oleh perangkat pemerintahan mulai dari Wali Nagari, Kepala Adat, Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, hingga Gubernur Sumatera Barat. Hadir juga perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Utusan Khusus Presiden Bidang Pengentasan Kemiskinan, cendekiawan, hingga para pegiat ormas dan LSM yang mendukung pembaruan agraria.

Selain diisi dengan tarian dan kesenian khas Sumatera Barat, dalam acara ini juga ditandatangani MoU antara SPI  dan Utusan Khusus Presiden. Acara harlah ke-14 SPI yang bertemakan “Laksanakan Pembaruan Agraria Sejati untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Keadilan Sosial” ini juga menampilkan berbagai produk hasil pertanian berkelanjutan SPI.

Penghargaan untuk petani perempuan SPI yang telah berdedikasi tinggi dalam memperjuangkan hak-haknya, menutup puncak peringatan perayaan harlah SPI ke-14 ini.

sumber tulisan: http://www.spi.or.id/?p=5321